Rabu, 20 November 2013

Asyiknya Berwisata Kuliner Di Kota Solo

Jika mendengar Solo, pasti ada kaitannya dengan “Jokowi” memang sih dahulu Jokowi menjabat Gubernur Solo ke 17 dan sekarang jadi Gubernur DKI . Kembali Ke Solo, Solo  banyak mempunyai potensi yang dikembangkan yakni pariwisata. Ingat gak ya lagu Bengawan Solo yang di nyanyikan oleh Gesang ,Sampai sekarang lagunya masih tetap abadi seperti namanya Bengawan Solo. Jalan jalan ke Solo bakal cespleng , bila menikmati indahnya Kota Solo di Sungai Bengawan Solo, jangan lupa memesan menu  masakan  tengkleng, asal usulnya  Tengkleng itu makanan rakyat jelata  di zaman belanda yang tak mampu menikmati olahan daging kambing, seperti sate atau gule, ehmmmm rasanya pasti nyummy. ada menu lainnya yang patut coba   wedangan  minum wedang sambil ngobrol dan bersosialisasi dengan teman pasti seru lho,pasti uenak polll .  masih ada lagi cabuk rambak, sate kere, gudeg ceker,selat segar ,nasi liwet, sate buntel, timlo solo,dan wedangan .

1. Cabuk Rambak

Siapa  yang pernah makan cabuk rambuk,   “Cabuk Rambuk” sejenis masakan khas solo seperti makanan  pembuka atau makanan  penjeda makanan utama. biasa terdiri dari ketupat nasi yang di iris tipis tipis dan disiram saus wijendicampur kemiri dan kelapa parut yang terlebih dulu disangrai, serta ditambah  secukupnya  potongan kerupuk  karak (sejenis kerupuk yang terbuat dari nasi kering).   “Cabuk Rambak”termasuk  jajanan dijajakan keliling dan dipincuk hanya ada di Solo pastinya.

Foto  Cabuk Rambak

 

cabuk rambak

http://naribungo.wordpress.com/2011/03/24/cuci-mata-uangmu-di-manahan-minggu-pagi/

 

2. Sate Kere

Yuk kenalan dulu sama sate kere, ehhhm namanya kok bikin terkejut  ya. maklum kere berarti miskin dalam bahasa jawa. sate kere berasal  tempe gembus  kalo tempe gembus sendiri berasal dari sisa ampas kedelai sisa pembuatan tahu. penampakannya sih seperti sate daging atau sate ayam. apa tau harga sate kere alias sate tempe gembus ini paling bekisar Rp 7500-10000 ribu dijamin paling murah meriah

ini loh penampakannya….

Sate Kere

sumber foto : http://bernandreas.wordpress.com/2012/04/04/sate-kere-jadi-klangenan-orang-orang-kaya-3-2/

Buat sobat sobat yang demen banget sama olahan ayam. yang satu ini patut dicoba yakni Gudeg Ceker

Gudeg Ceker yang paling terkenal ya Gudeg Ceker Margoyudan, kalo mau buat sendiri bisa saja eittssss jangan lupa ya kedatangan buku kuliner saya terbaru harus dibeli ya.

Gudeg Margoyudan emang cocok untuk lidah seluruh nusantara , biasanya Gudeg itu manis kalo yang pas di lidah gurih dan nikmat. . tapi apa tau bahan bahannya si gudeg ceker untuk membuat gudeg ceker antara lain

 

  • 750 gram nangka muda, kupas, potong-potong.
  • 500 ml air kelapa.
  • 750 ml santan kental dari 2 butir kelapa. buat santan itu dari air matang ya…
  • 4 butir telur, rebus matang, kupas.
  • 2 lembar daun jati.
  • 150 gram gula merah.
  • 6 lembar daun salam.
  • 4 cm lengkuas, memarkan.
  • 100 gram daging sapi, potong-potong.
  • 10 ceker ayam, cuci bersih.

Haluskan Bumbu :
  • 12 butir bawang merah.
  • 6 siung bawang putih.
  • 8 butir kemiri, sangrai.
  • 1 sendok makan ketumbar, sangrai.
  • 1 sendok teh garam.

Cara membuat  :
  1. Cuci bersih nangka, rebus sebentar dengan air kelapa, angkat
  2. Siapkan panci, alasi dasar panci dengan daun jati.
  3. Taruh setengah bagian nangka muda dan setengah bagian bumbu halus.
  4. Tambahkan sisa setengah bagian nangka muda, telur, sisa bumbu, gula merah, daging sapi, dan ceker ayam.
  5. Tambahkan santan dan tutup pancinya. Masak dengan api sedang hingga gudeg matang dan ceker lunak, angkat.
  6. Sajikan dengan nasi hangat. bisa pakai nasi hijau,nasi ungu dan merah sama nasi gurih  tergantung selera aja ya

Bagaimnaya cukup mudah bukan. Sekian dulu tentang resep cara membuat gudeg ceker terimakasih.

Gudeg ceker margoyudan

 

seperti ini loh penampakannya.: http://sewamobilsolo-herdana.com/place/gudegceker_96b4b2.jpg

 

3. Selat Solo

Panas panas begini enaknya membuat Selat Segar/ Selat Solo, ya janga dibuat bingung ya Selar Solo itu bukan nama selat  yang misahkan pulau  tapi jenis makanan yang komplit ,nikmat tapi menyegarkan kalah sama makanan di Restoran siap saji  sana berupa bistik,  sayuran segar dan bumbu pelengkap. Selat Solo mirip dengan hidangan bistik berasal dari eropa  , tapi ini bistik jawa asli dari solo loh.dari salad menjadi selat, pastinya selat solo. harga selat solo berkisar Rp 15000-Rp 25000 / harga tidak mengikat ya.

 

Selat Solo

Sumber foto : http://senzationz.blogspot.com/2011/06/kecanduan-empuknya-selat-solo.html

 

4. Nasi Liwet

Sarapan, makan siang dan makan malam di Solo kurang afdol kalo enggak makan Nasi Liwet. nasi liwet memang sudah jadi tradisi masyarakat Solo untuk dikonsumsi setaip hari . disetiap penjuru kota Solo pasti penjual nasi liwet selalu ada.  Nasi liwet adalah nasi gurih ya mirip seperti nasi uduk  dengan sajian sayur buah labu siam,suwiran ayam, opor ayam, sambal goreng dan sebagainya .apa tau nasi liwet yang terkenal , yakni  Nasi Liwet Wongsolemu, hanya ada  di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Nasi Liwet Wongsolemu ini sudah terkenal sejak tahun 1950 . buka jam 05 sore sampai dini hari. harga berkisar Nasi Liwet di Solo mulai dari   RP.8000-Rp 20.000 / per porsi tergantung apa lauknya . seperti apa penampakan Nasi Liwet. 

SONY DSC

Sumber Foto : http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2013/09/28/mencicipi-nasi-liwet-kaki-lima-paling-enak-di-solo-595835.html

5. Sate Buntel

Sate tidaklah asing bagi penduduk nusantara dari sabang sampai merauke pasti mengenal, sate ada dari daging sapi,rusa,domba,kambing,  ayam ,ika lele, jamur dan tempe. kali ini  di Solo tidak hanya Sate kere tapi ada Sate Buntel dengan harga terjangkau pastinya berkisar Rp 20.000 -  Rp 30.000 per porsi .Sate buntel berasal  daging kambing, saat Idul adha dengan daging melimpah dari pembagian daging hewan kurban atau bisa dibeli di swalayan. itu pas untuk membuat sate buntel alias sate bungkus. rasanya bau harum Sate Buntel Khas Solo itu mengundang lapar ya, ingat ya jangan konsumsi berlebihan.  Saat pas makan sate buntel sama nasi liwet , rasanya duh jan jossssss.

Seperti apa penampakan  Sate Buntel

SATE BUNTEL.

Sumber Foto : http://health.kompas.com/read/2011/06/09/08540792/Sate.Buntel.dan.Gule.Goreng.Pak.Samin

 

6. Timlo Solo 

Timlo Solo sebuah hidangana makanan yang merindukan dan mudah dalam pembuatannya.Bila  jalan-jalan ke Kota Solo, Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke Pasar Gede. Di belakang pasar ada warung, namanya Timlo Sastro. Timlo Sastro salah satu Timlo Solo paling rekomendasi, rasanya Timlo Solo bisa dibilang perpaduan soto dan sup, ya gurih gurih,asin dan manis, hanya membacanya saja kok rasanya kepengin makan Timlo Sastro. apa tau harga Timlo Solo di pasaran , yuk cari tau di# kisahuniknyalho @ehmmmm lagi promo nih hehehehhehe, Harga Timlo Solo berkisar Rp 15000- Rp 20. 000 per porsi tergantung lauknya. Makan Timlo Solo biasanya dulu pagi hari sekarang bisa siang dan malam, bisa #sekarep dewe….

Penampakan Timlo Solo

timlo solo

Sumber Foto: http://singgahbentar.wordpress.com/2011/08/01/timlo-solo-maknyuss/

 

7. Wedangan

 

Di saat malam hari atau suasana hujan pas saatnya minum wedang, wedangan Solo lebih mirip warung kopi. saat malam hari tiba lebih josss minum teh genasthel   ( legi/manis, panas dan kenthel/kental). Wedangan yang terkenal itu Wedangan Mbah Loso. Wedangan Mbah Loso mempunyai jargon tak kalah uniknya dengan wedangan lainnya yakni Pak Jenggot Balapan Nyapu Gardu, alamatnya  Cerbonan RT 01/03 Karanganyar atau sedikit masuk gang ke utara dari Jalan Lawu, jalan utama Karanganyar. Wedangan memang bisa jadi sarana sosialisasi bagi masyarakat untuk saling kenal,tegur sapa dan menjalin silaturahmi.

ini penampakannya Wedangan Mbah Loso

mbah-wiji-pemilik-wedangan-mbah-loso

Sumber Foto: http://terasolo.com/resto-cafe/wedangan-mbah-loso.html

Banyak wisata yang menarik di kota Solo ya, yang penting anggaran mencukupi bisa diatur. dan jangan lupa ke Solo itu bisa membawa oleh oleh seperti batik keris atau kaos solo atau menonton tarian bedhaya di keraton solo, ehhmmmmm sepertinya mengasyikkan bukan liburan ke solo.

Liburan dari Ke Solo dari Jakarta bisa naik pesawat biasanya berkisar Rp 300 ribu – Rp 500 ribu tergantung maskapai pernebangan apa dulu ya

ini penampakan perbandingan harga dan waktu jadwal terbang dari Jkarta ke Solo

Jadwal Penerbangan

 

Maskapai penerbangan yang melayani penerbangan Dari Jakarta Ke Solo

Solo Jakarta

 

 

siapa yang pengin lebih lengkapnya mengenai Jelajah Wisata ke  Solo yakni bisa langsung 

1. Cek ke situs http://kesan.tentangsolo.web.id/

2. Hubungi

Dinas Kebudayaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar