Selasa, 12 November 2013

Ranumnya Berbak , Sejuta Mimpi Liburan Ke Jambi

Jambi

Siapa yang tak kenal dengan Jambi ya, pasti? Jambi itu Sebuah Provinsi yang letaknya di pesisir timur bagian tengah pulau Sumatra, Jambi mempunyai ibukota Jambi juga, ibukota provinsi sama dengan nama provinsi seperti Gorontalo sama Bengkulu.
teringat nama Jambi adalah Taman Nasional Berbak, destinasi yang harus dikunjungi bagi traveller, hemmmmm...
Taman Nasional Berbak , adalah Taman nasional yang belum terjamah alias ranum asli alami banget. Taman nasional berbah termasuk kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terbesar di asia teggara. bersyukurlah lahir di Indonesia.bisa coba lihat orang dari negara lain berbondong bondong ke indonesia untuk merasakan sensasi alami di habitat langsung. Taman Nasional berbak salah satu objek fotografi alam yang tepat untuk fotografer alam. dari memori yang pernah saya tersimpan, membaca artikel mengenai jambi yakni Taman Nasional Berbak, rasanya pengin segera ke Taman Nasional Berbak. Keragaman hayati dimiliki Taman Nasional Berbak melimpah, salah satunya flora langka yang ada di Taman Nasional Berbak yakni Anggrek Tebu & Anggrek Pensil. ada fauna langka yang dilindungi yakni harimau sumatra. banyak pemandangan yang luar biasa dan menyimpan pemandangan alam yang menakjubkan di Taman Nasional Berbak. "WAJIB UNTUK DIKUNJUNGI"

Selesai menjelajahi Taman Nasional Berbak, yang harus dikunjungi selanjutnya yakni Wisata Kuliner di Jambi.

Ke Jambi, Jangan pernah lupa beli makanan khas atau food travel atau goyang lidah (upsss jangan berpikir aneh aneh ya)

1. Gulai Ikan Patin, tau enggak ikan patin itu ikan hiu tawar wajahnya mirip ikan hiu ya.Kalo ke Jambi Hukumnya Wajib Makan  kalo enggak kurang afdol

2. Tempoyak , Saat di pasar kalo sudah musim durian yuk buat tempoyak kalo Tempoyak asli Jambi biasanya baru bisa ditemukan di Jambi ketika musim durian tiba. kalo makan tempoyak lebih afdolnya  dipasangkan dengan ikan sungai. Di Jambi , ikan air tawar pada berjibun ini kesempatan kalo trip ke jambi, (upssss jangan lupa oleh oleh buat saya , kalo bisa kasih tiket pp ke jambi hehehheheh). Tempoyak itu termasuk masakan unik  di dunia cuman ada di Jambi loh ( Indonesia)  dengan cita rasa agak berbeda dari kebanyakan masakan lain, sebab salah satu bahan masakannya menggunakan durian 

3.Keripik Bawang , Oh….. saya baru tau ada keripik bawang , seperti perpaduan bawang dengan bahan lainnya. ( coba aja ada yang ngasih gratis tips ke jambi, Aminnn)

4. Nasi Gemuk, seperti nasi uduk atau nasi gurih , Nasi Gemuk adalah nasi gurih, lauk pauk berupa irisan daging semur, bawang goreng, emping dan sambal. Nasi Gemuk lebih gurih dan porsinya lebih besar dibandingkan nasi uduk. bikin kepingin saja lihatnya sama bacanya , coba di jawa ada  nasi gemuk khas jambi pasti nikmattttt…..

5. Jus Pinang, wowwww ternyata pinang bisa di jus ya. ehhhm rasanya nikmat kali  ya 

6. Kue Srikaya, Kue Gandus,Kue Burgo dan Kue Pedamaran, nama kuenya keren keren pasti  legit dan nyummy layak deh dicoba.

 

kurang afdol lagi kalo enggak foto foto maskot   kota jambi ya, kalo di Malang ada Tugu tapi masih banyak lagi , terus kalo  Maskot di Jambi ada :

  1. Jembatan Makalam
  2. Tugu Jam
  3. Sungai Batanghari
  4. Tugu Juang
  5. Tugu Pers
  6. Masjid Agung Al-Falah
  7. Tepian Tanggo Rajo
  8. Tugu Monas

 

Sudah kan disebutin kalo mau ke jambi dari Surabaya atau Malang bisa naik pesawat udara biar cepat loh , maskapai penerbangan udara ke jambi seperti citilink,lion air,merpati air sriwijaya air dan garuda indonesia , biasanya tarifnya antara 700 ribu sampai 1,5 juta dalam Rupiah ya. Sampai ketemu di berbak ya 

 

Sumber :

Wikipedia dan sumber diolah dengan sesuai permintaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar